Sabtu, September 17

Freeware Pengolah Foto

0

Tentang GIMP

GNU Image Manipulation Program atau yang lebih dikenal dengan sebutan GIMP adalah perangkat lunak untuk manipulasi grafik berbasis raster.
GIMP berjalan pada berbagai desktop Linux diantaranya di dekstop Gnome, KDE, XFCE, LXDE, dll dan dirilis dengan lisensi GNU General Public License. GIMP pada awalnya dikembangkan untuk desktop X11 yang berjalan di platform Unix. Namun saat ini Aplikasi ini juga sudah tersedia untuk beberapa platform sistem operasi yang lain yaitu MS Windows dan Mac OS.
Grafik yang dihasilkan oleh GIMP disimpan dengan format XCF dan bisa diekspor ke berbagai format gambar seperti bmp, jpg, gif, pdf, png, svg, tiff, dan masih banyak lagi yang lainnya. GIMP menyediakan banyak sekali plugin yang memudahkan dalam mengolah gambar (image) .
131626626627949136
Sejarah GIMP
GIMP adalah akronim dari GNU Image Manipulaton Program yang dikembangkan dan didistribusikan secara gratis pada platform Linux. Program aplikasi pengolah bitmap dan digital imaging GIPM dapat dikatakan paling populer digunakan oleh pengguna komputer dengan sistem operasi ( sistem operasi) Linux. Program GIMP ditulis oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball. Versi GIMP pertama kali adalah 0.54 yang dikeluarkan pada tahun 1996 dan hingga saat ini sudah sampai pada versi 2.6.11. GIMP digunakan oleh peminat dan praktisi desain grafis yang menggunakan sistem operasi Linux untuk mengolah dan memanipulasi gambar atau foto sesuai dengan kebutuhan kreatif. Program GIMP disediakan secara default hampir diseluruh distribusi Linux, mulai dari Slackware, Debian, Mandriva, Red Hat, OpenSuse, Ubuntu, Knoppix, BlankOn, dan sebagainya. GIMP telah mengalami penyempurnaan dari versi sebelumnya, menjadi lebih mudah dalam mengoperasikannya. Salah satu contoh yaitu adanya perubahan ukuran kuas yang kini dibuat lebih fleksibel, dan adanya tambahan menu warna.
Fitur - Fitur yang dimiliki GIMP diantaranya:
  • Sebagai program untuk mewarnai.
  • program expert quality photo retouching.
  • an online batch processing system.
  • a mass production image renderer.
  • an image format converter. dan masih banyak lagi.
Memulai aplikasi GIMP
Untuk membuka GIMP,  sebagai contoh disini saya menggunakan Distro BlankOn 7 Pattimura, pertama klik Menu Utama BlankOn >Aplikasi >Grafik >GIMP Editor Gambar. Tunggu sebentar hingga jendela utama aplikasi GIMP muncul.
13162663221389355673
Tidak seperti Photoshop, jendela GIMP terpisah-pisah menjadi tiga bagian, yaitu bagian toolbox (kiri), bagian utama (tengah) dan jendela bantu (kanan). Berbeda dengan Photoshop yang menggabungkan semua jendela tersebut menjadi sebuah jendela.
Untuk membuat kanvas baru, klik menu File   New. Kemudian, tentukan ukuran kanvas serta pengaturan lainnya. Sedangkan untuk membuka suatu gambar/kanvas, klik menu File   Open dan pilih berkas gambar/kanvas yang ingin dibuka. Format kanvas default yang digunakan oleh GIMP adalah XCF. Untuk format lainnya, GIMP mendukung format: GIF, JPEG, PNG, PSD,EPS, BMP, dan ada puluhan format lainnya yang didukung. Bekerja dengan GIMP Seperti yang dijelaskan sebelumnya, jika Anda sudah terbiasa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop, Anda hanya memerlukan sedikit pembiasaan untuk menggunakan GIMP karena penampilannyamemang di desain semirip mungkin dengan Adobe Photoshop.
13162665231504528626
Karena jendelanya yang terpisah-pisah, Anda bisa mengatur sedemikian rupa sehingga semua bagian jendela yang dibutuhkan bisa Anda lihat dan langsung digunakan tanpa perlu lagi memperlihatkan jendela tersebut.
GIMP menyediakan berbagai toolbox yang berfungsi untuk melakukan pemotongan, pemindahan dan menggambar. Untuk mempermudah mengakses toolbox tersebut, Anda bisa menggunakan papan tik shorcut yang tampil saat ikon di sorot seperti pada gambar Pada gambar tampak, untuk mengaktifkan Selection Tool dapat digunakan tombol R. Dengan pembiasaan, papan tik shortcut ini akan teringat dengan sendirinya. Pengaturan dari tiap-tiap tool terdapat di bagian bawah ikon-ikon tool.
1316267439457353794
Sebelum membahas fungsi setiap tool, sebaiknya anda memahami dulu konsep layer dan image. Untuk lebih jelas akan dijelaskan dengan singkat seperti ini:
  • Image: Image adalah gambar, atau dapat juga disebut file tunggal.
  • Layer: Jika Anda membayangkan image adalah sebuah kue lapis, layer adalah tiap lapisannya sehingga jika layer diatasnya berlubang, maka akan kelihatan layer di belakangnya. Image juga dapat dijadikan layer dengan memindahkannya ke image lain.
Jika di photoshop sebuah image dapat di drag ke gambar lain untuk dijadikan layer, di GIMP haruslah di copy terlebih dahulu. Inilah perbedaan mendasar yang seringkali membingungkan pengguna photoshop.
Ada 33 Tool dalam toolbox utama ini. Cukup banyak untuk penggunaan sehari-hari. Setiap tool akan diikuti dengan beberapa opsi yang otomatis muncul di bagian bawahnya atau Tool option.
13162677311967371059
Untuk menampilkan jendela dialog layer/lapisan lainnya, klik menu Windows >Dockable Dialog >pilih sesuai keinginan anda. Silahkan anda menempatkan dan mengaturnya senyaman mungkin.
Untuk mempermudah editing, Anda bisa memanfaatkan fitur layer/lapisan yang akan memisahkan setiap objek yang ada di kanvas Anda. Pengaturan layer/lapisan bisa Anda lakukan melalui toolbox bantu di bagian kanan layar. Dengan membedakan layer/lapisan dari setiap objek, Anda bisa lebih mudah memanipulasi suatu objek tanpa perlu menganggu objek lainnya.
Berbagai menu untuk keperluan manipulasi gambar secara keseluruhan dapat ditemukan pada menu Image. Sedangkan untuk memanipulasi suatu layer/lapisan atau objek yang dipilih, Anda bisa manfaatkan menu Layer. Bagi yang ingin bermain-main dengan warna, silahkan manfaatkan menu Colours untuk melakukan manipulasi warna pada objek.
GIMP menyediakan berbagai efek-efek yang bisa Anda buka melalui menu Filters. Untuk memberi efek pada bagian tertentu, Anda bisa memilih bagian yang ingin diberi efek dengan menggunakan toolbox untuk memilih (selection tool atau menekan tombol R pada papan tik), lalu pilih efek yang diinginkan pada menu Filters. Kemudian, atur pengaturan efek agar sesuai dengan keinginan Anda.
Lebih lanjut dengan GIMP
Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai GIMP, Andabisa membuka layar bantuan melalui menu Help   Help. Jika ingin membaca bantuan GIMP
tanpa perlu koneksi internet, Anda bisa menginstal paket ”gimp-help-en” (Bahasa Inggris) melalui APT dengan kata kain melalui perintah di terminal dengan mengetikkan sudo apt-get install gimp-help-en. Jika Anda baru pertama kali mempelajari editing fotografi, Anda bisa mempelajari dari banyak tutorial GIMP yang terdapat di internet.
Untuk Anda yang masih memakai OS Windows Aplikasi ini bisa Anda Download disini

Sumber: KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar

Ayo Berburu Dollar

Online Job for All. Work from home computer.
Online Job for All. Work from home computer.

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting